Kebun Renungan

Kebun Renungan
Pola hidup dan pola pikir kita sekarang, akan sangat menentukan keadaan kita di masa datang. Harta, keangkuhan, keegoisan dan kesombongan, bila tak pandai mengelolanya hanya akan semakin merendahkan diri kita sendiri , Mari kita memanfaatkan waktu seefisien mungkin untuk kebaikan, jangan sampai kita menyadarinya di batas kemampuan. Sebuah renungan dari seorang sahaba. (Baca)

Sejarah Mekah

Sejarah Mekah
Ka'bah, Masjidil Haram, Mekkah Al-Mukarromah

Ngobrol sama Ustadz Kampung

Ngobrol sama Ustadz Kampung
SHALAT KHUSYU, adalah suatu keadan yang setiap kita mendambakannya. Bisakah kita shalat khusyu? Ataukah hanya milik para Nabi atau 'alim ulama saja? Bagaimana caranya? Mungkin catatan ini bisa dijadikan bahan renungan. (Baca)

Buku Tamu

Belajar Menikmati Hidup

Terkadang kita dihadapkan pada perasaan, kesel, jengkel, rasa ga suka, benci, dendam dan segaala yang membuat hati dan pikiran jadi capek, kita ingin lepas dari perasaan itu, tapi sulit rasanya. Bagaimana kita bisa menikmati hidup jika perasaan itu masih ada ? ...Read more...

Sahabat Setia

Selamat datang di Rumah Sahaja, terimakasih atas kunjungan silaturahimnya

Babu al-Rahmah (Sejarah Masjid Nabawi)

Rabu, 14 November 2012


Pintu ini sempat disebut sebagai Babu ‘Atikah, sebab terletak di hadapan rumah ‘Atikah binti Abdillah Ibn Yazid ibn Muawiyah. Para ulama tidak menjelaskan kenapa kemudian dinamakan Babu  al-Rahmah.

Al-Samhudi berkata Alhamdulillah nampaknya aku mengetahui  maksud (penamaan)-nya”. Lebih lanjut dia membawakan sebuah hadits yang terdapat dalam shahih al-Bukhari (bab al-istisqa’ ; minta hujan).


Katanya, “Dalam hadits tersebut dikisahkan tentang seorang Badui yang masuk dari pintu yang searah dengan Dar al-Qadha, dia datang agae memohon agar Rasulullah SAW berdo’a minta hujan, padahal pada jaman itu, padahal pada jaman itu tidak ada pintu kecuali  Babu al-Rahmah yang dikenal sekarang ini.

Maka jelas sekali bahwa badui yang meminta hujan (rahmah) itu memasuki pintu dimaksud. Bahwa permintaannya kepada Nabi SAW menyebabkan datangnya rahmat berupa hujan, dimana Allah turunkan awan sebagai penyebab terjadinya hujan yang memang datang dari arah orang itu masuk, wallahu a’lam, maka disebutlah pintu itu sebagai bab al-Rahmah” .
 Pendapat ini juga dikuatkan oleh Sakhowi.


Sumber : Sejarah Masjid Nabawi, Dr. Muhammad Ilyas Abdul Ghani, Penerbit Al-Rasheed Printer

2 komentar:


TEH PANAS ternyata dapat memicu 'Kanker Kerongkongan'. Apakah anda salah satu penikmat teh panas? Catatan ini perlu untuk di simak. (Baca)

Ngobrol sama Ustadz Kampung

Cerita Keluarga Sahaja

Entri Populer