Kebun Renungan

Kebun Renungan
Pola hidup dan pola pikir kita sekarang, akan sangat menentukan keadaan kita di masa datang. Harta, keangkuhan, keegoisan dan kesombongan, bila tak pandai mengelolanya hanya akan semakin merendahkan diri kita sendiri , Mari kita memanfaatkan waktu seefisien mungkin untuk kebaikan, jangan sampai kita menyadarinya di batas kemampuan. Sebuah renungan dari seorang sahaba. (Baca)

Sejarah Mekah

Sejarah Mekah
Ka'bah, Masjidil Haram, Mekkah Al-Mukarromah

Ngobrol sama Ustadz Kampung

Ngobrol sama Ustadz Kampung
SHALAT KHUSYU, adalah suatu keadan yang setiap kita mendambakannya. Bisakah kita shalat khusyu? Ataukah hanya milik para Nabi atau 'alim ulama saja? Bagaimana caranya? Mungkin catatan ini bisa dijadikan bahan renungan. (Baca)

Buku Tamu

Belajar Menikmati Hidup

Terkadang kita dihadapkan pada perasaan, kesel, jengkel, rasa ga suka, benci, dendam dan segaala yang membuat hati dan pikiran jadi capek, kita ingin lepas dari perasaan itu, tapi sulit rasanya. Bagaimana kita bisa menikmati hidup jika perasaan itu masih ada ? ...Read more...

Sahabat Setia

Selamat datang di Rumah Sahaja, terimakasih atas kunjungan silaturahimnya

Keterangan Singkat Beberapa Tempat di Masjid Nabawi :3(Sejarah Masjid Nabawi)

Senin, 11 Juni 2012


f. Eskalator

Eskalator sebanyak 6 buah, 4 diantaranya berada di masing-masing sudut masjid, sebuah di bagian tengah dan sisi Barat, dan yang keenam di bagian tengah sisi Timur. Tepatnya pada pintu nomor, 6, 10, 15, 27, 31, dan 36. Adapun tangga biasa berjumlah 18 buah.

g. Menara

Pada pembangunan pemerintahan Saudi yang kedua juga dibangun 6 buah menara, sehingga jumlah seluruh menara masjid adalah 8 buah, masing-masing menara yang baru tingginya 103, 89 m (atau 32 m lebih tinggi dari menara yang lama). Setiap menara terdiri dari lima bagian, yang pertama adalah segi empat, yang kedua segi delapan, yang ketiga berbentuk tiang, demikian juga yang keempat, dan yang terakhir adalah kerucut.

h. Tembok Marmer

Tembok marmer berlapis dua, bagian luar dan dalamnya disatukan oleh beton bertulang,yang juga merangkai atap dan lengkung di atas tiang. Bahan atapnya adalah granit, batu buatan, semen putih dan semen warna. Tulisan yang ada di tembok masjid adalah sentuhan tangan Sayyid Ali Oro.

i. Ventilasi dan Jendela

Ventilasi udara berbentuk jendela, terbuat dari kayu Qurwu, dibagian atasnya adalah batu buatan dan kaca berwarna. Diatas ventilasi tertulis La-ilaha-illa-Allah, juga menggunakan batu buatan.

j. Halaman Masjid

Halaman masjid yang luasnya 235.000 m2 itu sebagiannya ditutup dengan marmer yang bias memantulkan cahaya matahati, sementara sidanya ditutup dengan batu granit yang juga sebagai bahan tangga lampu bersama batu-batuan lainnya. Jumlah lampunya ada 151 buah. Halaman yang dimaksud juga mencakup bangunan WC, tempat wudlu, tempat istirahat dan dua tingkat garasi mobil.

k. Ruangan Bawah Tanah

Ruangan bawah tanah seluas 82.000 m2 dengan ketinggian 4,1 m terbuat dari keramik dan bahan lainnya, adalah tempat untuk menfungsikan AC, air, persiapan layanan kesehatan, alarm, penerangan, kubah, telpon, sound system, kamera dll.

Yang juga sangat menarik adalah proyek pengadaan AC, pusatnya sejauh 7 km Barat Masjid Nabawi, seluas 70.000 m2.

Proyek raksasa ini dipercayakan kepada Yayasan Ben Ladin Saudi Arabia. Total biaya yang dibutuhkan sekitar 30 milyar RS, termasuk penggantian biaya penggusuran yang terkena proyek.




Sumber : Sejarah Masjid Nabawi, Dr. Muhammad Ilyas Abdul Ghani, Penerbit Al-Rasheed Printer

0 komentar:

Poskan Komentar


TEH PANAS ternyata dapat memicu 'Kanker Kerongkongan'. Apakah anda salah satu penikmat teh panas? Catatan ini perlu untuk di simak. (Baca)

Ngobrol sama Ustadz Kampung

Cerita Keluarga Sahaja

Entri Populer