Kebun Renungan

Kebun Renungan
Pola hidup dan pola pikir kita sekarang, akan sangat menentukan keadaan kita di masa datang. Harta, keangkuhan, keegoisan dan kesombongan, bila tak pandai mengelolanya hanya akan semakin merendahkan diri kita sendiri , Mari kita memanfaatkan waktu seefisien mungkin untuk kebaikan, jangan sampai kita menyadarinya di batas kemampuan. Sebuah renungan dari seorang sahaba. (Baca)

Sejarah Mekah

Sejarah Mekah
Ka'bah, Masjidil Haram, Mekkah Al-Mukarromah

Ngobrol sama Ustadz Kampung

Ngobrol sama Ustadz Kampung
SHALAT KHUSYU, adalah suatu keadan yang setiap kita mendambakannya. Bisakah kita shalat khusyu? Ataukah hanya milik para Nabi atau 'alim ulama saja? Bagaimana caranya? Mungkin catatan ini bisa dijadikan bahan renungan. (Baca)

Buku Tamu

Belajar Menikmati Hidup

Terkadang kita dihadapkan pada perasaan, kesel, jengkel, rasa ga suka, benci, dendam dan segaala yang membuat hati dan pikiran jadi capek, kita ingin lepas dari perasaan itu, tapi sulit rasanya. Bagaimana kita bisa menikmati hidup jika perasaan itu masih ada ? ...Read more...

Sahabat Setia

Selamat datang di Rumah Sahaja, terimakasih atas kunjungan silaturahimnya

Sikap, ucap dan Laku kita adalah Sebuah Do’a

Rabu, 02 Maret 2011


Hari itu hari libur, pagi2 saya jalan ke luar rumah dengan tujuan mencari nasi uduk anget untuk sarapan pagi, sengaja tidak memakai kendaraan bermotor, sekalian berolah raga murah tapi cukup menyehatkan, pikirku

Udara sekitar masih sejuk, bersih, dan terasa segar sekali ketika dihirup, benar-benar masih terlindung dari polusi udara kendaraan bermotor.
“Nasi uduknya dua bungkus mak…!! Sesampainya di warung, dan nampaknya ramai sekali, maklum lokasi yg strategis di dekat pangkalan ojek.
“Pakabar mang Dodoy..?”tanyaku pada mang Dodoy tetangga belakang “Masih kerja di bu Fona mang.?

“Males Kang..”terlihat wajahnya sedikit mengkerut, “koq…”
“Kerjaannya marah2 melulu, kalau ngasih upah , ga sesuai keringat kita, huhh….bakalan susah rejekinya tuh orang kaya gitu…”makin makin mengkerut
“Oh…gitu yah…”
…………………………………………………..
Tiba-tiba sebuah mobil berhenti tepat di seberang warung, meraung-raung suaranya dan tak lama kemudian mesinnya mati, keluarlah seorang laki-laki setengah baya berkacamata gelap…., dan saya perhatkan dengan seksama….
“Bukannya itu pak Wiryo…?tanyaku sambil terus memperhatikan…
“Iya Kang….biarin saja ga usah di tolong, wong orangnya sombong koq..”cetus bang Samin
“Iya tuh,pernah saya lagi jalan, dah tahu jalanan becek, eh…mobilnya ngebut aja, ya jelas beceknya nyiprat kemana-mana……..mana ane dah rapi mo kerja lagi…huh…!!” bang Jali nyamber
“Betul tuh li, ketemu papasan, gue dah pasang senyum semanis mungkin, eehh doi cuma nglirik sinis……sumpah deh orang gitumah gak bakalan berkah…..” Bang udin ikut nimbrung
…………………………………………………….
“Mak, nasi uduk lima bungkus, pake telor, bakwannya dua-dua sama tahu tempe…” pesen seorang gadis.
“Neng Fati ngborong niih….ada yang kerja Neng..?” Bang Samin sambil nglirik
“Ada yang lagi betulin bocor bang, biasa musim hujan…” jawabnya dengan ramah
“Kalau kekurangan yang kerja , abang mau tuh Neng…”
“Saya juga mau atuh Neng…”sela mang Dodoy
“Insya Allah….kalau memang nanti dibutuhkan , gak kesiapa-siapa”jawab Fatimah dengan seulas senyum ramah, sambil menyodorkan uang seratus ribuan pada si emak
“Neng kembalinya kurang lima belas ribu, biar nanti emak anterin kerumah ya…..?”
“Gapapa mak, ga usah di kembaliin, buat abang-abang ini aja nih….”sambil meninggalkan warung
“Tuh rejeki tuh buat lu lu pade….”kata si emak
“Alhamdulillah….makasih banyak Neng Fati….semoga rejekinya tambah lancar dan berkah…….”
“Enteng jodoh Neng,…” , “Usahanya sukses Neng…” abang2 berebutan pada ngdo’ain dengan muka sumringah.
Aku hanya melongo saja menyaksikannya.
……………………………………………..
Sungguh pemandangan pagi yang banyak memberikan pelajaran berharga sekali. Sambil jalan menuju pulang , kuputar kembali rekaman peristiwa itu.


Ketika seseorang marah, kasar, tidak menghargai tenaga orang kerja, disana ada do’a dari orang yang berhubungan dengannya
Ketika seseorang bersikap sombong, masa bodoh, kurang bersosialisasi, disana ada do’a juga dari orang yang bersinggungan dengannya.
Ketika seseorang bersikap ramah, menghargai sesama, sering memberi dan berbagi, disanapun ada do’a dari orang-orang disekelilingnya………

Subhanallah……………
Sikap, Ucap, dan tindakan yang kita lakukan terhadap masyarakat adalah sebuah Do’a.
Sungguh…..
Sering kita, jarang sekali memperhatikan apa yang kita ucapkan, apa yang kita lakukan, selama ini, bahkan kerlingan matapun mempunyai pengaruh yang luarbiasa terhadap lingkungan sekitar.
Subhanallah……..dan
Ternyata Allah sendiri sudah menginformasikannya dalam QS. Al-Jalzalah ayat 7 dan 8……, bahwa sekecil apapun kebaikan dan keburukan kita pasti ada balasannya.

Ahh ….
Berarti segala sesuatu yang menimpa kita kini adalah buah hasil dari apa yang kita lakukan sebelumnya…
“Yaa Allah…mengapa aku selalu menyalahkan orang lain bahkan suka menyangsikan keadilan-Mu terhadap apa yg terjadi pada diriku, sesunggunya semuanya karena diriku sendiri….ampunilah Yaa Rabb….”
……………………………………………….
Sahabat semua, barangkali ada pengalaman yang bisa kita petik bersama hikmahnya dari sikap dan ucap yang sahabat lakukan….?
Yuuuk kita berbagi………
…………………………………………………
“Berhati-hati dalam bersikap dan berucap, cermin dari akhlak yang baik…”



EAR Ciputat020311



0 komentar:

Posting Komentar


TEH PANAS ternyata dapat memicu 'Kanker Kerongkongan'. Apakah anda salah satu penikmat teh panas? Catatan ini perlu untuk di simak. (Baca)

Ngobrol sama Ustadz Kampung

Cerita Keluarga Sahaja

Entri Populer