Kebun Renungan

Kebun Renungan
Pola hidup dan pola pikir kita sekarang, akan sangat menentukan keadaan kita di masa datang. Harta, keangkuhan, keegoisan dan kesombongan, bila tak pandai mengelolanya hanya akan semakin merendahkan diri kita sendiri , Mari kita memanfaatkan waktu seefisien mungkin untuk kebaikan, jangan sampai kita menyadarinya di batas kemampuan. Sebuah renungan dari seorang sahaba. (Baca)

Sejarah Mekah

Sejarah Mekah
Ka'bah, Masjidil Haram, Mekkah Al-Mukarromah

Ngobrol sama Ustadz Kampung

Ngobrol sama Ustadz Kampung
SHALAT KHUSYU, adalah suatu keadan yang setiap kita mendambakannya. Bisakah kita shalat khusyu? Ataukah hanya milik para Nabi atau 'alim ulama saja? Bagaimana caranya? Mungkin catatan ini bisa dijadikan bahan renungan. (Baca)

Buku Tamu

Belajar Menikmati Hidup

Terkadang kita dihadapkan pada perasaan, kesel, jengkel, rasa ga suka, benci, dendam dan segaala yang membuat hati dan pikiran jadi capek, kita ingin lepas dari perasaan itu, tapi sulit rasanya. Bagaimana kita bisa menikmati hidup jika perasaan itu masih ada ? ...Read more...

Sahabat Setia

Selamat datang di Rumah Sahaja, terimakasih atas kunjungan silaturahimnya

Lebih Baik Berpuasa ?!!

Kamis, 20 Agustus 2009


Baik manakah, berpuasa atau tidak berpuasa ?

Pasti ada beragam jawabannya. Setidaknya, secara garis besar ada 3 macam jawaban.

Yang pertama : ada yang bakal mengatakan bahwa 'lebih baik tidak berpuasa', karena badan berada dalam kondisi paling fit. Bisa makan dan minum untuk memasak kebutuhan energi bagi aktifitas sehari-hari, kapanpun diperlukan.



Yang kedua : adalah orang yang 'ragu-ragu', mereka merasa tidak memiliki informasi yang akurat tentang perbandingan puasa dan tidak berpuasa. Yang jelas, mereka merasakan bahwa dalam kesehariannya, berpuasa membutuhkan niat dan kesungguhan. Dan itu tidaklah ringan. Tapi, disisi lain, mereka mendengar-dengar informasi bahwa puasa itu menyehatkan. Jadi mereka ragu-ragu.

Yang ke tiga : adalah mereka yang 'merasa yakin' bahwa berpuasa memiliki manfaat yang jauh lebih besar dibandingkan tidak berpuasa. Maka mereka dengan yakin mengatakan bahwa berpuasa adalah lebih baik dibandingkan dengan tidak berpuasa.

Yang menarik, Allah juga membuat statement yang senada di dalam Al-Qur’an bahwa berpuasa adalah lebih baik. Hal itu disampaikan oleh Allah dalam ayat berikut :

artinya :
(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Sebagai orang yang beriman kepada Allah dan RasulNya, kita pasti tidak ada keraguan sedikitpun tentang kebenaran informasi itu, bahwa berpuasa adalah lebih baik disbanding tidak berpuasa. Namun, bagaimanakah hal itu bisa dijelaskan ?
Itulah yang menjadi concern kita untuk membuka rahasianya, dan kemudian memperoleh pelajaran darinya.

Allah sendiri didalam membuat statement itu menarik untuk dicermati. Kalimat penutup ayat tersebut berbunyi : Dan berpuasa lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. Ini sungguh menggelitik, karena ayat tersebut diakhiri dengan kalimat ‘Jika kamu mengetahui’
Artinya, berpuasa itu sebenarnya memang lebih baik dibandingkan tidak berpuasa, asalkan kita tahu caranya, paham ilmunya dan tahu argumentasinya …..

(Sumber : Scientific Fasting, Agus Mustofa, Penerbit : PADMApress)

Nah bagaimana menurut sahabat semua ….?
Mungkin anda mempunyai argumentasi sendiri dengan dasar-dasar yang akurat dan sahih, silahkan berbagi ….

0 komentar:

Poskan Komentar


TEH PANAS ternyata dapat memicu 'Kanker Kerongkongan'. Apakah anda salah satu penikmat teh panas? Catatan ini perlu untuk di simak. (Baca)

Ngobrol sama Ustadz Kampung

Cerita Keluarga Sahaja

Entri Populer