Kebun Renungan

Kebun Renungan
Pola hidup dan pola pikir kita sekarang, akan sangat menentukan keadaan kita di masa datang. Harta, keangkuhan, keegoisan dan kesombongan, bila tak pandai mengelolanya hanya akan semakin merendahkan diri kita sendiri , Mari kita memanfaatkan waktu seefisien mungkin untuk kebaikan, jangan sampai kita menyadarinya di batas kemampuan. Sebuah renungan dari seorang sahaba. (Baca)

Sejarah Mekah

Sejarah Mekah
Ka'bah, Masjidil Haram, Mekkah Al-Mukarromah

Ngobrol sama Ustadz Kampung

Ngobrol sama Ustadz Kampung
SHALAT KHUSYU, adalah suatu keadan yang setiap kita mendambakannya. Bisakah kita shalat khusyu? Ataukah hanya milik para Nabi atau 'alim ulama saja? Bagaimana caranya? Mungkin catatan ini bisa dijadikan bahan renungan. (Baca)

Buku Tamu

Belajar Menikmati Hidup

Terkadang kita dihadapkan pada perasaan, kesel, jengkel, rasa ga suka, benci, dendam dan segaala yang membuat hati dan pikiran jadi capek, kita ingin lepas dari perasaan itu, tapi sulit rasanya. Bagaimana kita bisa menikmati hidup jika perasaan itu masih ada ? ...Read more...

Sahabat Setia

Selamat datang di Rumah Sahaja, terimakasih atas kunjungan silaturahimnya

Thawaf (Sejarah Mekah)

Minggu, 06 September 2009


Thawaf adalah salah satu jenis Ibadah yang disyari’atkan, yaitu mengelilingi Ka’bah. Allah Ta’ala berfirman, “…. Dan hendaklah mereka thawaf rumah yang tua itu"
Qs. Al-Hajj 22 : 29, al- bait al- atiq (rumah yang tua) dalam ayat tersebut ditafsirkan sebagai Ka’bah. (Tafsir Ibnu Katsir, 4/635,636)


Maka thawaf mengelilingi sesuatu selain Ka’bah tidak disyari’atkan sama sekali, tidak ada tempat lain di dunia ini yang di-thawaf-i sebagaimana dikelilinginya Ka’bah

Dan barang siapa menyakini bahwa thawaf di selain Ka’bah disyari’atkan, maka dia lebih jelek dari orang yang membolehkan shalat menghadap ke selain Ka’bah.

Oleh karena itu thawaf mengelilingi kamar Nabi Saw adalah perbuatan terlarang, para ulama tidak berbeda pendapat dalam masalah ini.

Sumber : Sejarah Mekah, Dr. Muhammad Ilyas Abdul Ghani, Penerbit Al-Rasheed Printer

2 komentar:

  1. Bertawaf di sekeliling kubur siapa pun, bahkan kubur nabi Muhammad SAW, adalah sebuah kekeliruan besar. Apalagi kalau sampai menganggapnya ritual ibadah, maka hukumnya bid’ah dhalalah.

    BalasHapus
  2. Terimakasih Tambahannya mba Zazha,
    salam ukhuwah
    salam u/ kel. semua

    BalasHapus


TEH PANAS ternyata dapat memicu 'Kanker Kerongkongan'. Apakah anda salah satu penikmat teh panas? Catatan ini perlu untuk di simak. (Baca)

Ngobrol sama Ustadz Kampung

Cerita Keluarga Sahaja

Entri Populer